1. Awal mula
Pendapat beberapa observer mengatakan penggunaan perangkat keras di dalam
kelas telah tersebar luas dan hal ini menunjukkan anak didik diperlakukan
seolah-olah adalah mesin dibanding manusia, ini karena dehumanisasi dalam
pengajaran atau proses pembelajaran. Bagaimanapun, penggunaan perangkat keras
dengan baik, teknologi pembelajaran modern dapat divisualisasikan, dan dengan
begitu proses ini sampai batas tertentu tidak dapat tercapai karena
mempertimbangkan kemanusiaan.
Secara prural media adalah saluran komunikasi. Makna media dalam bahasa
latin adalah “antara”, istilah ini mengacu pada apapun yang membawa
informasi antara sumber dan penerima. Contohnya meliputi video, televisi,
diagram, material cetak, komputer dan instruktur. Ini semua dianggap media pembelajaran
ketika membawa pesan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari media adalah untuk
memudahkan komunikasi. sejalan dengan adanya sekolah dan kampus berbasis media
dan jaringan internet, dunia menjadi kelas tersendiri bagi pembelajar. Dengan
demikian penyeragaman kurikulum di dunia pendidikan dianggap wajar.
Media pembelajaran yang menggabungkan pengalaman kongkrit membantu anak
asuh untuk menggabungkan pengalaman sebelumnya, sehingga mempermudah untuk
mempelajari konsep-konsep abstrak, misalnya anak didik yang telah melihat
berbagai aspek pembangunan jalan layang atau jalan raya. Mereka melihat pekerja
bekerja, dan mereka melihat tahap-tahap pembangunan jalan, akan tetapi, mereka
perlu memiliki pengalaman-pengalaman ini yang akan digabungkan kedalam dugaan
yang disamaratakan tentang apa yang dimaksud dengan pembangunan jalan.
Menunjukkan video yang menggambarkan seluruh proses yang terkait satu dengan
yang lainnya, merupakan cara ideal untuk menggabungkan berbagai pengalaman
mereka kedalam suatu ringkasan yang bermakna.
Di dalam mengembangkan teori pembelajaran, Bruner mengusulkan bahwa
pembelajaran harus langsung berasal dari pengalaman ke benda-benda yang
disajikan berdasarkan pengalaman (penggunaan gambar-gambar atau video) ke
simbol penyajian (seperti penggunaan kata-kata).
2. Pengertian Presentasi
Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, presentasi dapat
diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat, ataupun informasi
kepada orang lain.
3. Unsur-unsur Pokok Presentasi
Adapun unsur pokok dalam presentasi
adalah sebagai berikut:
1) Presenter, adalah pihak yg melakukan presentasi
2) Audience, adalah peserta presentasi
3) Tools, adalah media atau alat presentasi
4. Jenis Presentasi Berdasarkan Sifat
Interaksi
a)
Presentasi
Langsung
Ø Contoh : guru dan murid atau dosen dan mahasiswa tatap
muka di kelas
Ø Teleconference, adalah presentasi secara langsung
antara presenter dan audiens yang saling berjauhan dengan bantuan teknologi
komunikasi
b)
Presentasi
Tak Langsung
Ø Contoh : koran, majalah, tabloid.
5. Jenis Presentasi berdasarkan Sifat
Medianya
a) Presentasi Audio; Presentasi yang menggunakan media
suara
b) Presentasi Visual; Presentasi yang menggunakan media
gambar
c) Presentasi Audio Visual; Presentasi yang menggunakan
media suara dan gambar seperti Video
6. Perkembangan Teknologi Presentasi
Bila kita melihat sejarah, maka perkembangan Teknologi
Presentasi sebagai berikut:
6.1. Kapur dan Blackboard
Papan tulis dahulu dibuat dari lembaran papan yang dicat
dengan cat yang tidak mengkilat, biasanya berwarna hitam atau hijau. Papan
tulis dahulu digunakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan atau
pelatihan. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus
dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet
yang ditempelkan di sepotong kayu. Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur
tulis yang dibasahkan biasanya lebih sulit dihapus. Produsen papan tulis
biasanya menganjurkan permukaan papan tulis yang baru dibeli supaya dipenuhi
dulu dengan coretan-coretan lebar kapur tulis. Setelah coretan-coretan dihapus,
papan tulis siap untuk digunakan. Banyaknya tingkat kealergian terhadap kapur
tulis, maka seiring dengan berjalannya zaman, mulailah dibuat yang namanya whiteboard (papan tulis putih) dengan alat tulis berupa spidol ataupun pena
bertinta tebal, sehingga pada saat ini ditemukan beranekaragam whiteboard seperti whiteboard magnet,
sakana, jurnal dll.. hinga pada tingkat ini ada kemajuan dalam dunia industri
terutama bagi produsen - produsen pembuat spidol... dan mungkin sampai saat ini
whiteboard masih melekat dalam ingatan - ingatan khususnya para pelajar.
6.2. Spidol dan
Whiteboard
Sebuah prototipe dibuat dan siap
untuk mengungkapkan, ketika lemari kaca terbakar malam sebelumnya untuk
pembukaan bersama dengan prototipe papan tulis. Mr Heit memilih untuk menjual
ide untuk Dri-Markus, yang mulai memperkenalkan mereka ke dunia pendidikan.
Pada pertengahan 1960-an, papan tulis
pertama mulai muncul di pasar. Dalam kelas, adopsi luas mereka tidak terjadi
sampai awal 1990-an ketika keprihatinan atas alergi dan risiko kesehatan
lainnya yang potensial ditimbulkan oleh debu kapur diminta penggantian papan
tulis banyak, pada papan tulis.
Para papan tulis pertama adalah
sangat mahal dan yang terbuat dari melamin permukaan. Itu adalah
"sempurna" solusi untuk papan tulis, kecuali bahwa itu
"hantu" (residu ditahan tanda terhapus) dalam waktu singkat dan sulit
untuk tetap bersih.
Enamel-on-baja papan tulis magnetik
telah melalui beberapa perbaikan, seperti pengurangan biaya dan pengurangan
silau yang disebabkan oleh permukaan glossy. Kecenderungan saat ini adalah
porselen-baja magnet papan menghapus kering. Ini dianggap sebagai kualitas
tertinggi dalam industri. Mereka sekarang sangat umum di sekolah, universitas,
dan rumah sakit.
Lembaran papan tulis yang didukung
lem, poster, dan roti yang tersedia, memungkinkan semua permukaan, bahkan jika
berbentuk tidak teratur atau non-tingkat, akan berubah menjadi permukaan yang
menulis papan tulis.
Permukaan penanda yang jelas, terbuat
dari kaca atau akrilik dilapisi khusus, juga muncul di pasar sekitar 2007 dan
telah dipopulerkan oleh TV dan film.
6.3. OHP (Overhead
Projector)
OHP
(Overhead Projector) merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana,
terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas
untuk meletakkan transparansi.Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat
kuat menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus,
yaitu lensa fresnel, melewati sebuah transparan ukuran 20 x 25 cm yang
ditempatkan di atas landasan tersebut. Sebuah sistem pemantul cahaya dari
cermin dan lensa, yang di tempatkan di atas kotak landasan, menghasilkan berkas
cahaya berbelok 90 derajat. Dengan lampunya yang amat terang dan sistem
optiknya yang efisien, menghasilkan banyak sekali cahaya sehingga memungkinkan
untuk dipergunakan di ruangan biasa tanpa penggelapan. Dalam kelompok peralatan
proyeksi, Over Head Proyektor/Over Head Transparansi (OHP/ OHT) adalah
peralatan yang paling sederhana, karena peralatan ini hanya menggunakan
sistem lensa (optic) dan elektrik (kipas
pendingin dan lampu proyektor). Over Head Proyektor/Over Head Transparansi
(OHP/ OHT) berfungsi untuk memproyeksikan atau menyajikan transparansi. Dengan
menggunakan proyektor, informasi yang disampaikan dapat diproyeksikan di layar,
sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan akan menjadi lebih besar dan
lebih jelas dilihat oleh siswa. penggunaan media ini menguntungkan karena
indera penglihatan dan pendengaran akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah
media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati
(still picture) adalah berupa gambar, foto, diagram, table, ilustrasi, baik
berwarna maupun tidak berwarna. agar gambar tersebut dapat dilihat dan
disajikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan
diproyeksikan ke suatu layar (screen).
6.4. Personal komputer
dan LCD Projector
6.5. Smartboard
Sebagaimana kita ketahui bahwa
“Accelerated Learning” atau bahasa kitanya adalah “Percepatan Pembelajaran”
dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu pengajaran. SmartBoard adalah
salah satu alat yang dibuat oleh SMART Technologies yang sangat cocok untuk
digunakan dalam Accelerated Learning.
Generasi terbaru touchscreen hadir sebagai media presentasi interactive, dimana
proses penyampaian suatu materi/presentasi menjadi lebih mudah. SMARTBOARD
adalah media presentasi dan media informasi yang berasal dari Canada yang
memliki kemampuan merekam suatu presentasi termasuk melakukan “Conference
Presentation” yaitu presentasi yang dilakukan di dua lokasi atau lebih secara
bersamaan dan bisa saling mengkoreksi apabila terjadi kesalahan.
Pada dasarnya fungsi utama smartboard
adalah memindahkan fungsi PC/Laptop kepada board atau LCD. Apabila pada
PC/Laptop terdapat keyboard, mouse dan monitor, maka pada smartboard ini semua
fungsi tersebut menjadi satu kesatuan atau all in one. Memiliki Virtual
keyboard, mouse yaitu jari kita (touchscreen) dan tentu saja board/LCD pada
smartboard sebagai monitor.
semoga penjelasan di atas dapat di mengerti dan semoga membantu menyelesaikan tugas kamu hehehehe
0 komentar