Tolas Toles

just for share

10 KEPRIBADIAN GANDA ORANG-ORANG KREATIF

10 KEPRIBADIAN GANDA ORANG-ORANG KREATIF

10 KEPRIBADIAN GANDA ORANG-ORANG KREATIF

Menurut Mihaly Csikszentmihalyi, seorang pakar kreativitas yang telah 30 tahun meneliti kehidupan orang-orang kreatif, kesalahpahaman dalam menghadapi mereka sering timbul karena pada dasarnya individu yang kreatif memang memiliki kepribadian yang lebih kompleks dibanding orang lain. Jika kepribadian manusia biasa pada umumnya memiliki kecenderungan ke arah tertentu, maka kepribadian orang kreatif terdiri dari sifat-sifat berlawanan yang terus-menerus ‘bertarung’, tapi di sisi lain juga hidup berdampingan dalam satu tubuh. Apa saja sifat-sifat kontradiktif mereka?
  1. Orang-orang kreatif memiliki tingkat energi yang tinggi, tapi mereka juga membutuhkan waktu lama untuk beristirahat. Mereka tahan berkonsentrasi dalam waktu yang lama tanpa merasa jenuh, lapar, atau gatal-gatal karena belum mandi. Tapi begitu sudah selesai, mereka juga bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengisi ulang tenaga mereka; Di mata orang luar, mereka jadi terlihat seperti orang termalas di dunia.
  2. Orang-orang kreatif pada umumnya juga cerdas, tapi di sisi lain mereka tidak segan-segan untuk berpikir ala orang goblok dalam memandang persoalan. Ketimbang terpaku sejak awal pada satu macam penyelesaian (‘cara yang benar’), mereka memulai pemecahan masalah dengan berpikir divergen: Mengeluarkan sebanyak mungkin dan seberagam mungkin ide yang terpikir, tak peduli betapa bodoh kedengarannya.
  3. Orang-orang kreatif adalah orang yang playful, tapi mereka juga penuh disiplin dan ketekunan. Tidak seperti dewasa lainnya yang melihat dunia dengan kacamata super-serius, orang-orang kreatif memandang bidang peminatan mereka seperti taman ria. Mereka melakukan pekerjaannya dengan begitu antusias sehingga terkesan seperti sedang bermain-main, padahal sebenarnya mereka juga bekerja keras mewujudkan ‘mainannya’.
  4. Pikiran orang-orang kreatif selalu penuh imajinasi dan fantasi, tapi mereka juga tak lupa untuk tetap kembali ke realitas. Mereka mampu menelurkan ide-ide gila yang belum pernah tercetus oleh 6 milyar manusia lain, tapi yang membuat mereka bukan sekedar pemimpi di siang bolong adalah usaha mereka untuk menjembatani dunia khayalan mereka dengan kenyataan sehingga orang lain bisa ikut mengerti dan menikmatinya.
  5. Orang-orang kreatif cenderung bersifat introvert dan ekstrovert. Pada kebanyakan orang lain, biasanya ada satu sifat yang cenderung lebih mendominasi perilakunya sehari-hari, tapi kedua sifat itu tampaknya muncul dalam porsi yang setara pada orang-orang kreatif. Mereka sangat menikmati baik pergaulan dengan orang lain (terutama dengan orang-orang kreatif lain yang sehobi) maupun kesendirian total ketika mengerjakan sesuatu.
  6. Orang-orang kreatif biasanya rendah hati, namun juga bangga akan

Cara Mengatasi Sensor Putar tak berfungsi di Android



 Halo gan... kali ini ane mau share nih mnrut apa yg barusan ane alamin di android ane.. sensor putar atau rotate di android itu speleh tp juga penting lo.. tanpa sensor rotate kta gak bkalan nyaman apalagi buat streeming youtube ato maen vba..nah apa yg akan agan lakukan jka sensor putar otomatis gak fungsi... jual tu hp,bawa ke dukun ato agan mau service tu hp... :p sbaiknya jgn trburu buru mlkukan hal itu...
    Kbetulan ane juga prnah ngalamin hal itu,stlah browsing juga, ane nemu solusinya

1.coba restart hp agan ... siapa tau bisa kembali sprti awal... (klw bsa brarti agan beruntung)klw gak bisa lanjut ke nomr 2

2. Cobak buka setting kmudian pengaturan tmpilan... pilih kalibrasi... (klw di hp ane sih..  tp kyknya sma aja kok....)pilih kalibrasi kmudian  taruh hp agan di tempt yg datar sampai muncul peringatan ok.. selesai silkn di coba ..

Jgn lupa komeng......

Moral Manusia Indonesia

Author: 
SARLITO WIRAWAN SARWONO 
Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Tiada bayi yang lahir sudah bermoral. Karena itu wajar kalau anak sampai umur tiga atau empat tahun berbuat sukasuka dia sendiri. Ia bisa bermain sama teman-teman seusianya sambil berlari-larian dan menjeritjerit tanpa peduli ada mbahnya yang sakit, atau tetangga yang kebisingan.

Baru sesudah orang tuanya marah, dia berhenti. Jadi dia berbuat baik (tidak mengganggu orang) karena takut dimarahi mamanya, takut kena hukuman. Atau bisa juga karena mamanya mengiming-imingi permen atau mainan. Jadi anak menurut karena mencari hadiah. Psikolog Lawrence Kohlberg (1927-1967) menyebut perilaku anak yang seperti itu sebagai tahap paling awal dari perkembangan moral, yang dinamakannya tahap “taat karena ganjaran (reward) atau hukuman (punishment).

” Ketika anak itu lebih besar, sekitar enam sampai sepuluh tahun, dia tidak menunggu dimarahi atau diiming-imingi hadiah, melainkan
10 Software Pembuat Game terbaik

10 Software Pembuat Game terbaik


10 Software Pembuat Game Terbaik


Sebelum mengetahui macam-macam software pembuat game, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu Game Engine.

Game Engine adalah suatu software yang digunakan untuk membuat game. Fungsi utama dari Game Engine adalah sebagai renderer grafik 2D maupun 3D,  physics engine, pengatur audio, scripting, animasi game, AI (Artificial Intelligence), networking, streaming, pengaturan memori, localization support, dan pengaturan grafik. Satu Game Engine bisa untuk membuat berbagai tipe game, dan bisa memudahkan "port"  games ke console lain.


1. Cry Engine
Yap...
Cry Engine adalah salah satu Game Engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Beberapa contoh game yang dibuat dengan menggunakan software ini adalah Crysis, Crysis War Head, Crysis 2, FarCry, Alion : Tower of Eternity, dan masih banyak lagi.
Keunggulan dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, dan pencahayaannya juga sangat bagus



2. Anvil Engine

Tau game Assasin's Creed khan ? Nah dengan menggunakan Game Engine ini jugalah Ubisoft berhasil membuat game tersebut. Ubisoft menjanjikan kita sebuah game dengan pencahayaan bervolume, lebih banyak interaksi interaktif dengan lingkungan, sistem musim dan cuaca, dan AI yang cerdas dalam Anvil Engine 2.0


3. Unreal Engine

Sejak 1998, GE keluaran Epic Games pertama digunakan untuk game Unreal, dan dilanjutkan oleh game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). Generasi pertama Game Engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. Beruntunglah kita para PCGamer, karena dapat merasakan game-game dari Unreal Engine  dengan Framerate yang lebih stabil dibandingkan di console. Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan di Shadows.

Contoh Game yang dibuat dengan software ini adalah Homefront, GRAW, Batman Arkham City dan banyak lagi.

 
 4. IW Engine

Semua pasti tau game Call Of Duty khan ? Yap .. game ini juga dibuat dengan software yang bernama IW Engine atau yang biasa disebut Infinity Wizard Engine, Walaupun Call Of Duty yang pertama dibuat dengan ID Tech Engine, developer membuat sebuah GE tanpa nama resmi ini, yang diadaptasi dari ID Tech 3. Kelebihan utama GE ini adalah animasi dan pencahayaan yang fenomenal, juga dengan AI kompleks yang cerdas, Depth of Field, dan "dynamic bullet penetration".



5. Frosbite Engine

Bisa dibilang Game Engine ini adalah saingan IW Engine, karena Grafik yang ditampilkan dalam Engine ini sangatlah dahsyat. Contoh game yang dibuat dengan engine ini sendiri seperti Battlefield 3, Need For Speed The Run, Dll. Namun game engine ini tidak mendukung dengan DX 9, dan juga Windows XP. Tetapi dapat dimaklumi, karena engine ini menggunakan DX 11 secara maksimal, sayapun dibuat kagum akan grafik dahsyat yang ditampilkan dari awal Battlefield 3 dimulai.


6. Avalance Engine

Game utama dari GE ini adalah Just Cause 2. Pertama kali memainkan Just Cause 2, kita akan disuguhi sebuah pulau tropis bernama Panau yang sangat luas, dan berbagai jenis kendaraan yang bisa kita kendarai (helikopter, pesawat jet, parasut, motor, perahu). Efek Ledakan yang dihasilkan oleh GE ini juga memukau, dengan grafis yang cukup bagus, motion bluring yang smooth, dan AI yang cerdas. Engine game ini lebih mengutamakan game aksi yang penuh ledakan, tembakan, dan kendaraan-kendaraan unik yang dapat kita kendarai. Sayangnya generasi kedua dari engine ini tidak suport dengan DX 9 dan Windows XP


7. ID Tech Engine

Engine ini adalah kakek dari segala game bergenre FPS. Sebenarnya, GE ini dibuat untuk game HoverTank 3d. Lalu berlanjut menghasilkan game FPS pertama Catacomb 3d, tapi karena kurang terkenal, dibuatlah Wolfenstein 3d.  id Tech juga menghasilkan Game-game FPS Old School Quake series dan Doom Series, dengan Engine yang telah dimodifikasi. GE ini memiliki 5 generasi, dengan adanya FPS hebat hasil GE ini di setiap jamannya. Generasi terakhirnya adalah id Tech 5, yang menghasilkan game open-world post-apocalyptic bergenre FPS-Racing, RAGE.

Keunggulan dari Game Engine ini adalah bisa membuat MegaTexture, yaitu texture game yang bisa mencapai resolusi 128.000 x 128.000 pixel ! Dan juga dunia dinamis dengan Terrain Editor yang sederhana tetapi kompleks. GE ini juga memungkinkan pembuatan hanya satu jenis texture yang bisa dipakai untuk PC maupun console, yang sangat memudahkan port antar platform. Keunggulan lain adalah Soft-Edged Shadows, HDRR, dan beberapa fitur standar Game Engine. 


8. Creation Engine

Fus Ro Dah !! Skyrim memang sangat dahsyat, bahkan saya terkena efek dari game ini, yaitu sering berteriak Fus Ro Dah -,- shout utama bagi DragonBorn -,- dengan nada seperti di Trailernya. coba saja mainkan Skyrim, tapi pastikan dulu kalau kalian lagi gak ada tugas atau apa gitu entar malah gak selesai, wkwkwk. Ok, back to the point.

Creation Engine memang dibuat khusus untuk Skyrim, karena keunggulan utamanya, yaitu, Random Dungeon membuat kita tidak bosan menjelajahi semua Dungeon di Skyrim, mencari-cari senjata dewa maupun menyelesaikan quest, Radiant AI, yang membuat semua NPC memiliki sifat unik, Dynamic Lightning, Draw Distance Render yang jauuuuh, membuat kita bisa menikmati luasnya Skyrim, dan kemampuan untuk membuat Flora yang detail. grafik yang dihasilkan juga istimewa.

Dengan keunggulan yang sekian banyaknya, membuat Skyrim begitu adiktif dan tidak terlupakan, sayang, karena terlalu luas dunianya, banyak bug menyiksa yang dihasilkan T_T.


9. RAGE Engine

Bukan Engine game RAGE lho, melainkan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine), dibuat Rockstar San Diego tahun 2004, dan dimulai dari game Bully.

Pembuatan game-game dengan Engine ini dibantu dengan Euphoria, yang membuat animasi tokoh semakin realistis. Euphoria ini juga yang merupakan software 3d utama untuk membuat Sequel game Max Payne 3

Keunggulan dari GE ini adalah kemungkinan memuat game open-world tanpa loading (seperti GTA IV, yang memungkinkan kita memasuki kios-kios burger tanpa loading) yang sangat luas, AI yang kompleks, Draw Distance Render yang cukup jauh, juga sirkulasi Cuaca yang realistis.
Dengan bantuan Euphoria, pergerakan AI yang tidak "robot" dan animasi-animasi realistis lainnya juga menjadi nilai plus GE ini. Huaa.... dan yan pastinya Game Engine ini bagus banget.


10. HPL Engine

Dan yang terakhir yaitu HPL Engine, nama game engine ini adalah inisial dari orang tersebut. Dari penjelasan singkat barusan, bisa ditebak bahwa game-game hasil dari GE ini adalah game horror. Game Engine ini dibuat oleh developer Indie Frictional Games, yang menghususkan dalam pembuatan First Person Survival Horror. HPL adalah GE cross-platform (PC, Mac, Linux) yang kompatibel dengan OpenGL, OpenAL, dan Newton Game Dynamics.

Fitur utama Game Engine ini  adalah interaksi objek yang sangat detail dengan penggunaan mouse dan keyboard. Dengan kata lain, game-game hasil dari GE ini memiliki physics yang detail. Keistimewaan lainnya adalah GE ini mendukung SSAO (Screen Space Ambient Occlusion) dan Deferred Shading. Walaupun keistimewaannya tidak terlalu banyak, spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game hasil GE ini cukup tinggi (tergantung resolusi layar).

Kelemahannya yang cukup fatal tersebut bisa dan harus dimaklumi, karena pembuat HPL Engine generasi pertama kurang dari 10 orang ! Dan pembuat HPL Engine 2 kurang dari 20 ! Dengan angka sesedikit itu, dan bisa membuat game engine yang menghasilkan game epik Amnesia The Dark Descent, para pembuat GE ini patut diacungi jempol !

Cara Membobol Situs yang di Blokir Server


setelah sekian lama gak ngeblog karena di kejar2 deathline pekerjaan ane- akhirnya baru kali ini agak longgar dan ane sempatin ngeblog

kali ini ane mo ngasi tips bagaimana cara masuk blog atau web yang di blokir server, eits tapi tips ini jangan di gunakan untuk hal2 yang negatip lo...misal mbuka web atau blog yang tidak senonoh- ane ngasih tips ini tidak di buat untuk hal2 gituan

ok langsung aja,\
jika kita ingin membuka blog atau web tapi blog atau web tersebut di blok server
sperti gambar di bawah ini




carannya cukup simple -
ketik alamat web di bawah ini di browser kamu/langsung klik link di bawah ini

vtunnel
kemudian masukkan alamat web atau blog yang ingin kamu buka di tempat yang aku lingkari pada gambar di atas, kemudian klik begin browsing

selesai da.... selamat menikmati- sekarang kamu bisa browsing tanpa batas :D\


jangan lupa tinggalkan sebuah jejak dengan berkomentar di blog ini ..... arigatooooo salam animasi

Tukar Link

Tukar Link

Ayo kita tukeran link- dengan tukeran link pengunjung blog kita jadi lebih banyak, juga bisa nambah teman ngeblog dan blog kita juga akan semakin terpercaya di mata mbah google

 langsung saja silahkan Copy Code Link dibawah ini

<a href="http://tolastoles.blogspot.com">wajah animasi</a>
atau langsung aja ketik link blognya aja- http://tolastoles.blogspot.com

Untuk memasang code tersebut masuk ke Tata Letak > Tambah Gadget > Pilih HTML/Java Script
pastekan Code Link diatas dan kasih judul Blog Teman atau teman ngeblog

kalau sudah silakan komen pada pos ini dan juga sertakan link blog kamu, biar ane pasang di blog ini-


selamat bekerja sama dan semoga blog kita semakin tambah berjaya di dunia maya




salam admin
Film animasi pendek fenomenal "Scret Box"

Film animasi pendek fenomenal "Scret Box"


film animasi pendek ini bejudul screet box,dan film animasi inilah yang menurut ane fenomenal,mungkin orang awam yang kesasar masuk blog ini yang tak begitu suka dengan animasi tak sengaja melihat ni film pasti orang itu beranggapan ni film apa sih?jelek banget,cuih atau juga mungkin ada orang yang levelnya lebih tinggi sedikit dari orang awam yang kesasar tadi setelah melihat film ini akan diam tanpa expresi karena dia termasuk dalam golongan putih atau mungkin dia akan tertawa tebahak-bahak karena dia mengerti cerita dari film ini..........

bingung membaca tulisan diatas?sama saya yang nulis juga bingung.. :D
kenapa saya menobatkan film ini menjadi film animasi fenomenal?karena film ini adalah film yang mempunyai arti yang sangat besar dalam hidup saya.
membuat sebuah film animasi sangatlah tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan yang hanya tinggal di balik saja. membuat film animasi membutuhkan konsistensi tinggi dan juga team work.
film animasi pendek yang berjudul screet box ini di buat oleh terbengkalai studio termasuk saya hohoohoho,terbengkalai studio adalah studio kecil di bawah naungan republik animasi smkn4 magang,studio ini berdiri karena saat itu para anggota terbengkalai studio ini tidak punya tempat untuk prakerin yang tersisa sekitar 6 bulanan lagi ,mau prakerin di studio RA (republik animasi)yang berada di sekolah sudah penuh tak ada tempat prakerin untuk kami saat itu dan seringkali kami di pandang sebelah mata,dan saat itu para anggota terbengkalai juga masih baru mengenal 3d,tapi kita tidak patah semangat kita membuat projek sendiri membuat film animasi,kita berkomitmen bahwa kita ingin membuktikan bahwa kita bisa membuat fim animasi 3D dengan kemampuan yang masih minim.
yang paling tidak dapat di lupakan adalah saat proses produksi film ini- kita mengerjakannya berpindah2 dimulai dari ngerjakan dari pintu ke pintu,dari warnet ke warnet,perpustakaan umum-hingga sampai ngerjakan di universitas brawijaya malang untuk mencari colokan buat laptop yang di buat ngerjain film itu- saat itu yang terpenting adalah semangat dan team work!
alhasil film screet box sukses besar, film ini mampu membuat guru2 dan adik2 kelas terheran-heran melihat ni film-dan sejak saat itu kami mulai di pertimbangkan kemampuan kami oleh guru-guru.
yaa sejak saat itulah kami mendapatkan tempat  untuk menghbiskan masa prakerin 6 bulan di republik animasi-
jadi itulah alasan ane menyebut ni film sebagai film yang fenomenal wkwokwokwkokowkokwok
jangan suka melihat sesuatu dari luarnya saja tapi kita harus melihat juga sampai kedalam dalamnya

end

Biarlah komik indonesia bergaya manga

Biarlah komik indonesia bergaya manga

Gaya menggambar komikus dalam negeri memang masih didominasi nuansa manga, termasuk karya para peserta Kompetisi Komik Indonesia.
Sunny Gho mengatakan, 70 persen komik yang berpartisipasi di KKI bergaya manga.
"Sisanya gaya yang mengarah ke unik. Ada yang manga hibrid dengan gaya lokal, manga hibrid Amerika," kata pendiri Makko, penerbit komik online itu pada konferensi pers Kompetisi Komik Indonesia di Jakarta, Rabu.
Meskipun begitu, menurut pengamat komik Hikmat Darmawan, tidak perlu "ribut" terhadap gaya komikus Indonesia yang masih dipengaruhi manga.
"Nggak perlu jadi fasis estetika. Yang penting adalah banyak variasi. Yang tidak boleh itu kalau hanya satu variasi," tukas peneliti komik itu.
Selain memperkaya ragam komik Indonesia, lanjut dia, merambahnya manga di Indonesia justru membawa fenomena menarik.
"Masuknya manga ke Indonesia melahirkan kelompok pembaca baru yang kuat, yaitu perempuan."
Manga memang terdiri dari beberapa genre, termasuk "serial cantik" yang umumnya dibaca oleh kaum hawa.
Selain gambar, lanjut Hikmat, unsur cerita merupakan hak yang tidak kalah penting dalam membuat komik. Bila ingin membuat komik, keahlian menggambar yang cemerlang bukanlah syarat mutlak.
"Tidak harus tunggu kemampuan gambar mumpuni. Begitu punya cerita yang bisa dituturkan visual, buatlah komik. Kalo tidak bisa gambar, cari yang bisa gambar. Yang bisa gambar belum tentu punya cerita," kata orang di balik buku "How to Make a Comic" itu. (nan)

sumber : http://www.antaranews.com/berita/344696/biarlah-komik-indonesia-bergaya-manga

Indonesia dan Jepang Akan Bekerja sama Dalam pembuatan Animasi Diindonesia

anime

Info Menarik Indonesia dan Jepang Akan Bekerjasama Dalam pembuatan Animasi Diindonesia


Isi berita:
JAKARTA-Beberapa produser film dan animasi Jepang menyatakan siap berinvestasi di Indonesia dan segera mewujudkannya dalam waktu dekat ini.

"Kami sudah menyiapkan dana investasi 2 juta dolar AS untuk membuat film bertema semi-animasi di Indonesia," kata Director Head of Nikkatsu Studio, Keizo Yuri di Jakarta, Sabtu, dalam kunjungannya ke Indonesia di acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012.

Nakkatsu Corporation yang memproduksi film "The Killers" itu, akan merealisasikan investasinya dalam waktu dekat ini melalui "joint production" dengan perusahaan Indonesia.

Menurut Yuri, prospek industri animasi dan film di Indonesia termasuk pasarnya tergolong cerah dan menjanjikan.

"Saya pikir Jepang dan Indonesia akan maju bersama di bidang film dan animasi," ucapnya.

Yuri yang juga memproduseri film Yattare-Man itu mengatakan pihaknya siap berbagi ilmu dan pengalaman dengan para pelaku industri film dan animasi di Indonesia.

Wakil Presiden International Business Development Aniplex Jepang, Hiroshi Sasaki pada kesempatan yang sama juga sedang menjajaki pasar film dan konten animasi di Indonesia.

"Saya hanya dua hari di sini (Indonesia), sebelumnya saya belum tahu pasar Asia seperti apa. Ternyata sangat apresiatif, ada banyak toko komik dan toko buku di sini. Ini mencerminkan ada peluang dan kesempatan yang besar di Indonesia," ujarnya.

Seperti layaknya Jepang yang bisa membuat cerita komik yang bagus dan karakter yang kuat, Sasaki juga percaya Indonesia bisa melakukan hal serupa.

Sementara itu, Direktur Caravan Studio, Chris Lie, sebagai pelaku industri lokal mengaku selama ini 92 persen proyek yang dikerjakannya adalah pesanan dari luar negeri meliputi Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan sebagian Eropa.

"Ini menunjukkan belum ada yang butuh 'service' kita di sini," katanya.

Menurut dia, diperlukan adanya sosialisasi yang matang dan menyeluruh serta yang terpenting adanya kebijakan pemerintah berupa ketentuan wajib tayang animasi lokal kepada para stasiun televisi di Indonesia.

Meskipun memiliki pasar yang menjanjikan, kata dia, hal itu tidak akan ada artinya apabila tidak ada ruang bagi pelaku industri kreatif untuk mengekspresikan karyanya.

"Kebijakan wajib tayang lebih penting ketimbang bantuan permodalan. Harus ada 'slot' untuk animasi lokal," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Armein Firmansyah mengatakan, pihaknya akan mereplikasi kebijakan di negara-negara lain yang terbukti mampu mendorong perkembangan film dan konten animasi.

"Kita akan mengarah ke sana, karena kalau kita tidak segera bergerak industri konten animasi kita bisa dikuasai asing," tukasnya



like and share yah, biar apresiasi masyarakat indonesia terhadap anime semakin tinggi dan bertambah banyak :D, semoga saja anime dan eff2 perfilman diindonesia kedepannya bisa maju ^_^~

dan jangan lupa juga budayakanlah berkomentar....saya tunggu komentar kalian semua

Link: http://www.investor.co.id/home/produser-animasi-jepang-siap-investasi-di-indonesia/49447
ISTILAH-ISTILAH DALAM ANIMASI|INTERPOLATION SHADING|STILL LIFE |BITRATE

ISTILAH-ISTILAH DALAM ANIMASI|INTERPOLATION SHADING|STILL LIFE |BITRATE

apapun macam buku itu... buku memang sumber segala ilmu ,begitu juga dengan buku ane...udah lamaaa buku produktif animasi smk ane gak ane buka,saat ane buka ane mendapatkan sesuatu yang bahkan ane lupa kalau itu sangatlah berharga.ini lah hasil  catatan saya saat saya belajar di bangku smk jurusan animasi

ISTILAH-ISTILAH DALAM ANIMASI
  • INTERPOLATION SHADING
teknik pewarnaan dalam bayangan pada gambar kartun dimana batasan antara warna terlihat dengan jelas

  • STILL LIFE
istilah untuk gambar objek benda mati

  • ANIMATION STORYBOARD
memiliki runtutan gambar yang sangat jelas lengkap dengan pewarnaan
halaman kerja untuk membuat animasi

  • BITRATE
cara dalam pengisian suara animasi perlu dilakukan pengaturan kemurnian suara

  • FORESHORTENING
Ilusi yang terjadi ketika sebuah objek tampak jauh lebih besar  dari yang seharusnya

  • ROTOSCOPING
Teknik pembuatan film animasi dimana gerak animasinya menjiplak dari gambar film live atau video

  • NIRMANA
Hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra atau trimatra

  • STOCKSHOT 
Potongan potongan adegan yang disimpan

dan masih banyak lagi sebenanya,sayang hanya itu yang masih bertahan di buku catatan saya
sampai di sini dulu kita sambung lagi di lain waktu ....dan semoga bermanfaat buat kalian semua,dan jangan lupa budayakanlah berkomentar di blog ini.....saya tunggu komentar anda


MACAM-MACAM SHOT PADA KAMERA|TYPE OF SHOT

  • ECU (Extreme Close Up)
Extreme Close Up
ECU ini menampilkan gambar yang sangat detil


  • VCU (Very Close Up)
very close up
    Very Close Up menampilkan hampir sseluruh permukaan wajah,jika yang di shot adalah wajah maka kepala bagian atas dan dagu sedikit ke potong

  • BCU
BCU, Big close up menampilkan seluruh wajah hingga ke leher
Big Close UP
  • CU
Close up  menampilkan seluruh permukaan wajah hingga sedikit bahu dan sedikit pada bagian dada
Close Up
  • MCU
Medium Close Up menampilkan seluruh permukaan wajah hingga pada bagian dada dengan patokan tangan pada bagian siku sedikit ke atas
Medium Close UP

  • MS
Mid shot (medium shot) hampir sama dengan MCU tapi pada ms siku tangan sudah kelihatan hingga sedikit kebawah
Mid Shot
  • Three Quarter Shot
THhree Quarter Shot
menampilkan badan hingga bagian lutut ke atas
  • FLS
FLS
Full lenght Shot atau MLS menampilkan seluruh badan dan besarnya memenuhii layar screen (fit to screeen)
  • LS
LS
Long shot menampilkan sluruh badan besar objek sekitar 1/3 sampai 3/4 dari lebar layar


baca juga